Sabtu, 02 Oktober 2010

Unforgetable "Ranu Kumbolo"


Gunung Semeru keliatan



Kenangan di Ranu Kumbolo


Indahnya Ranu Kumbolo



Biru-mu menyejukkan hatiku


Suatu keindahan luar biasa bisa berkunjung ke tempat ini. Lihat saja hamparan rumput yang sangat hijau dan pepohonan. Belum lagi kita disuguhkan dengan udara yang benar-benar sangat segar dan Brbrbr dingin sekali tentunya. Subhanallah, aku menikmati keindahan ciptaan Allah yang luar biasa. Inilah keindahan alam Ranu Kumbolo yang merupakan post peristirahatan untuk mendaki ke Gunung Semeru yaitu Gunung tertinggi di Pulau Jawa. Aku sangat beruntung bisa melihat keindahan ciptaanMu ini ya Rabb. Ranu Kumbolo berada di 2400 m DPL letaknya di Lumajang. Rute perjalanan Lumajang-Senduro-Ranu Pani-Oro oro Ombo-Ranu Kumbolo. Untuk bisa sampai di Ranukumbolo kita harus mendaki rata-rata sekitar 4-5 jam. Tergantung kemampuan kita untuk menerjang tantangan dan rintangan yaitu mendaki bukit-bukit dan tentunya perjalanan ini sangat melelahkan namun sangat menyenangkan. Terbayar kelelahan yang kita rasa dengan panorama yang sungguh sangat indah.
Pada saat perjalan pertama kita akan melalu perkebunan. Banyak sekali yang ditanam yaitu kentang, sawi, bawang merah, ddl. Setelah itu kita akan melewati area yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang sangat tinggi yang tergolong Spermatophyta yaitu Gymnospermae dan Angiospermae. Golongan Gymnospermae disana aku menjumpai banyak pinus-pinusan. Untuk Angiospermae sangat banyak sekali bahkan ada tanaman berbunga yang masih belum aku kenal. Tak luput dari penglihatanku juga banyak macam Pteridophyta yang menjulang tinggi dan golongan Briophyta. Bahkan aku menjumpai lumut yang tumbuh menempel pada batang-batang pepohonan yang menjulang tinggi. Karena keadaan udara yang dingin dan tempat sangat lembab maka lumut dan tumbuhan-tumbuhan paku-pakuan dapat hidup subur disini. Apalagi bagi tumbuhan Spermathophyta (tumbuhan berbiji) dapat berkembang baik.
Sebelum sampai di Ranu Kumbolo, kita akan disuguhkan dengan Bukit Teletubies begitu aku dan teman-teman menyebutnya karena bukit itu luas nan hijau karena rumputnya. Namun sebenarnya itu adalah safana. waw Wonderfull. Setelah sampai di tempat terlihatlah ranu yang sangat luas, airnya tenang dan indah sekali “Ranu Kumbolo”. Disinilah kita bisa membuat tenda dan memasak makanan karena tempat ini aman dari binatang buas dan mamang tempat peristirahatan sebelum mendaki ke Semeru.
Di Barat Ranu Kumbolo ini terdapat bukit yang namanya Bukit Cinta. Mitos dari Bukit Cinta ini yaitu siapa yang berhasil mendaki ke Bukit Cinta ini bersama pasangannya tanpa menoleh ke belakang maka permintaan cintanya akan terkabul mungkin bisa menikah,hehehe....itu hanya mitos, terserah Anda percaya atau tidak. Maka tidak jarang seorang pemuda-pemudi mendaki bukit ini bersama-sama. Akupun telah mencobanya. Kalau penasaran, ayo! Selamat mencoba!
Setelah melalui Bukit Cinta ini kita akan melihat Gunung Semeru yang berdiri dengan gagah, indah sekali. Aku belum berani untuk mendakinnya, terlalu berbahaya aku rasa. Dari atas bukit cinta ini aku sudah sangat senang melihat ketampanan Gunung Semeru. Dan di atas bukit ini kita juga bisa melihat Ranu Kumbolo dari tempat yang tinggi dan hamparan rumput yang luas. Indah sekali. Ayo teman-teman cobalah ke tempat ini, wah dijamin kalian akan sangat senang dan puas karena dimanjakan dengan keindahan alam yang sungguh tiada duanya.

4 komentar:

  1. Hmmm kapan ya aku bisa kesana ....... damai sekali ...............................

    BalasHapus
  2. keren pokoknya. Silahkan anda nikmati n buktikan sendiri.. Citaan-Nya yang sungguh mengagumkan :)

    BalasHapus
  3. kangeeeennnnn... ranukumbolo.. mahameruu.. :-)

    BalasHapus